Cara Menjadi Importir Barang China

Spread the love

Jasa import barang dari China menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan sekarang ini. Tak dipungkiri, banyak bermunculan penawaran jasa import berbagai produk yang berasal dari negeri China. Hal ini dikarenakan berbagai kelebihan yang diperoleh dengan mengimpor barang yang berasal dari China. Negeri Tirai Bambu ini memang terkenal dengan banyaknya pilihan produk yang mana ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga hal tersebut sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang umumnya didominasi ekonomi menengah ke bawah. Selain itu, budaya dan perilaku konsumtif masyarakat membuat berbagai barang dari China dapat memenuhi keinginan dari masyarakat sebagian besar. Apalagi dengan harga yang ditawarkan cukup terjangkau, sehingga jasa importir kini semakin banyak dijumpai di tengah – tengah masyarakat.

Lalu, apa saja keuntungan yang didapatkan ketika menjadi seorang importir barang – barang dari China. Yuk, langsung saja cek di bawah ini !

5 Keuntungan Menjadi Importir

  1. Harga yang sangat murah. China memang identik dengan barang dengan harga murah, seperti barang yang dijual di China yang harganya sangat murah, sehingga tidak jarang ketika dijual kembali di Indonesia, margin keuntungannya bisa mencapai 5x lipat dari harga impor barang yang diperoleh sebelumnya.
  2. Barang yang dijual cukup unik. Bisa dikatakan produk yang dipasarkan di China merupakan kreativitas dari para pembuat produk di China, yang mana hal ini jarang ditemui di Indonesia. Maka, ketika dengan menjual barang – barang unik dari China tersebut, akan sedikit banyak memancing rasa penasaran para pembeli yang ada di Indonesia.
  3. Biaya kirim yang murah. Ini adalah salah satu nilai penting yang sering dirasakan oleh para pelaku jasa importir barang China. Dimana setiap barang yang diperoleh dari China, tidak memakan banyak biaya ketika pengirimannya ke luar negeri. Bahkan, ada pula produk tertentu dari China yang bebas biaya kirim ke negara tujuan. Hal itulah yang membuat keuntungan dalam penjualan barang China menjadi berlipat – lipat.
  4. Memiliki margin yang besar. Dengan biaya produk yang murah serta biaya kirim yang juga sangat terjangkau, membuat margin keuntungan dalam bisnis importir barang China bisa mencapai keuntungan yang berkali – kali lipat dari modalnya yang semula.
  5. Membantu pelaku jasa reseller dan dropshipper. Secara tidak langsung, ketika Anda menjadi importir, berarti Anda akan berstatus sebagai supplier yang memasok barang kepada reseller dan dropshipper. Hal ini akan membantu pelaku jasa untuk mendapatkan barang dengan harga yang murah untuk nantinya dijual dengan keuntungan yang lumayan.

Cara Mudah Menjadi Importir Barang China

Nah, itu tadi beberapa keuntungan menjadi importir barang China seperti yang telah banyak dirasakan oleh para pelaku jasa bisnis ini. Lalu, bagaimana cara menjadi importir barang China tersebut ? Tak perlu khawatir, di bawah ini akan dijelaskan secara singkat bagaimana menjadi importir barang China.

  1. Tentukan produk yang akan diimpor. Hal pertama yang Anda lakukan adalah menentukan barang apa yang akan Anda import. Untuk menentukan barang tersebut, perlu adanya analisa pasar secara sederhana yang bisa Anda lakukan dengan cek barang yang laku di toko online, atau cek trend pasar dengan membaca kebutuhan pasar.
  2. Tentukan harga barang. Setelah menentukan produk, harga barang menjadi pertimbangan sebelum melakukan impor. Cek harga barang di berbagai tempat seperti dilakukan di toko online, pasar konvensional dan juga produsen pemasok barang. Hal ini perlu dilakukan agar jangan sampai harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan pasar.
  3. Tentukan produsen. Kunci utama dalam bisnis import ini adalah menentukan produsen, sehingga terlebih dahulu lakukan analisa produsen dengan mengecek track record, rating transaksi serta testimoni dari pelanggannya. Hal tersebut yang akan menjadi pertimbangan seorang jasa importir sebelum memilih produsen. Karena, produsen yang terjamin dan terpercaya secara tidak langsung dapat menjaga kelangsungan bisnis import yang dijalankan.
  4. Tentukan jasa pengiriman. Setelah tadi menentukan produk dan produsen pada proses awal, langkah selanjutnya yakni menentukan jasa pengiriman. Upayakan untuk mencari jasa pengiriman yang jelas serta memiliki track record yang benar – benar terjamin. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada keadaan barang pada saat sampai ke Indonesia. Keadaan barang akan menjaga kepercayaan konsumen kepada bisnis importir barang China ini.
  5. Lakukan distribusi barang secara efektif. Cara distribusi yang efektif dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan penjualan online yang kini banyak bertebaran di media sosial maupun situs internet. Melalui distribusi efektif, maka barang tersebut akan dapat segera dipasarkan ke masyarakat dengan baik.

Demikianlah tadi cara – cara menjadi importir produk yang berasal dari Negeri Tirai Bambu. Semakin meningkatnya aktivitas penjualan online sekarang ini membuat jasa ini menawarkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Sekian dan terima kasih.